Pages

 

Kombinasi Warna

0 komentar

Untuk menghasilkan suatu karya yang indah, warna-warna tersebut dapat dipadukan agar dihasilkan suatu kombinasi warna yang harmoni. Standar warna harmoni dapat menolong seseorang untuk mengkombinasikan warna agar berhasil dengan baik. Standar warna harmoni ini didasarkan pada : harmoni dari warna-warna yang bersesuaian dan harmoni dari warna-warna yang kontras.
Harmoni dari Warna-warna yang Bersesuaian
Ada dua macam warna harmoni yang bersesuaian  yaitu :harmoni satu warna dan harmoni analog.
1). Harmoni Satu Warna (Monokromatis)
Kombinasi ini menggunakan satu warna atau senada, dimulai dari      warna yang tua ke warna muda atau sebaliknya dari warna muda ke warna tua. Pada pakaian misalnya rok biru tua dikombinasikan dengan blus biru muda.
2). Harmoni Analog (Analogus)
Kombinasi analog adalah kombinasi warna yang   menggunakan    warna-warna yang letaknya berdekatan dengan lingkaran warna. Misalnya kuning, kuning- hijau,
dan hijau. Kombinasi analog ini sifatnya lebih tenang dan lebih variasi daripada kombinasi satu warna.
    1. Harmoni dari Warna-warna yang Kontras.
Kombinasi harmoni warna-warna kontras adalah kombinasi warna yang letaknya bertentangan pada lingkaran warna. Ada tiga macam harmoni dari warna-warna yang kontras yaitu kombinasi kontras dua warna, kombinasi warna segi tiga,dan kontras berpasangan.
1)      Kombinasi Warna Kontras Dua Warna.
Kombinasi kontras atau komplemen adalah kombinasi warna yang menggunakan warna-warna yang letaknya bertentangan dalam lingkaran warna.
2)      Kombinasi Warna Segi Tiga (Kontras Segi Tiga)
Kombinasi segi tiga adalah kombinasi warna yang menggunakan tiga warna yang sama jaraknya dalam lingkaran warna, sehingga apabila ketiga warna tersebut dihubungkan akan terbentuk segi tiga sama sisi.
3)      Kombinasi Berpasangan.
Kombinasi kontras berpasangan adalah kombinasi yang menggunakan dua pasang warna kontras yang letaknya berdekatan dalam lingkaran warna
Warna adalah salah satu elemen yang cukup penting dalam desain grafis. Dalam ilmu seni rupa, warna bisa mewakili emosi dari karya tersebut sehingga pesan dari karya tersebut bisa lebih mudah diterima oleh audience. Elemen warna dalam desain grafis juga memiliki fungsi tersebut. Contoh yang paling mudah adalah dengan menganalogikan warna terhadap hal-hal disekeliling kita. Misalnya; Awan=luas=biru muda, Matahari=cerah=kuning muda, Kayu=kuno, klasik=coklat, Api=menyala, semangat=merah.
Bagaimana sebuah warna mempunyai arti? Secara ilmiah pengertian warna merupakan gelombang elektromagnetik yang menuju ke mata kita dan kemudian diterjemahkan oleh otak sebagai warna.
Dengan kata lain arti warna adalah juga sesuatu yang berhubungan dengan emosi manusia. Dan dapat menimbulkan pengaruh psikologis. Ini sudah terbukti pada logo perusahaan-perusahaan sukses.
Berikut beberapa daftar arti dari warna secara umum yang bintang ketahui, semoga dapat membantumu dalam mencari inspirasi warna:
  1. Biru Sering diartikan sebagai sesuatu yang memiliki ketenangan dan kepercayaan.
  2. Merah Arti dari warna ini melambangkan sesuatu kekuatan, nafsu dan kemauan yang agresif.
  3. Kuning Melambangkan kegembiraan penuh harapan dan optimis. Mungkin sesuatu yang spontan
  4. Hijau Warna ini menunjukkan sesuatu yang alami dan serba sehat.
  5. Ungu, keangkuhan dan kemewahan adalah pegertian warna ini
  6. Hitam, Bintang rasa kamu setuju jika arti warna ini berarti misteri, kematian dan ketakuan.
  7. Putih, Banyak yang mengatakan warna ini adalah kesucian, tapi Bintang rasa ini, lebih tepat menunjukkan bersih, rapi dan tertata.

0 komentar:

Poskan Komentar

comment donq..